top of page

Tahap-Tahap dalam Membuat Desain Kemasan Produk

Diperbarui: 29 Nov 2023

Bagi sebagian orang mendesain sebuah produk tidak terlalu berpengaruh terhadap suatu bisnis. Padahal dengan membuat kemasan produk yang menarik, mampu mengajak pelanggan untuk bisa berlanggan dengan suatu bisnis yang kita miliki.


Membuat desain kemasan produk mungkin terdengar seperti tugas yang serius, tetapi sebenarnya, itu bisa jadi sangat keren dan kreatif Bagi bisnis Anda. Bagi anda yang bingung membuat sebuah desain kemasan yang menarik. Berikut pembahasan terkait tahap desain kemasan produk. Simak yuk!


1. Perhatikan ukuran kemasan

Ilustrasi memotong kertas untuk mendesain kemasan (Sumber:creativefaith.co.id)
Ilustrasi memotong kertas untuk mendesain kemasan (Sumber:creativefaith.co.id)

Pertama dalam membuat desain kemasan Anda perlu memperhatikan ukuran kemasan. Mengapa hal tersebut penting? Karena dengan menyesuaikan ukuran kemasan, produk Anda memiliki daya tarik dan tidak terkesan memaksa dalam memikat calon pelanggan.


Ukuran kemasan yang tepat adalah kunci untuk memastikan produk Anda tetap tampil maksimal di mata konsumen. Ini bukan hanya soal estetika, tetapi juga tentang kenyamanan dan efisiensi. Dengan menemukan ukuran kemasan yang pas, Anda tidak hanya memastikan produk Anda terlihat menarik, tetapi juga membuatnya lebih praktis bagi pelanggan.

2. Pilih desain yang unik

Selanjutnya, Anda perlu memilih desain yang unik. Namun, mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa desain kemasan harus unik? Tentu karena Desain kemasan yang unik beda dari yang lain dapat menciptakan identitas, daya tarik, dan daya ingat yang kuat bagi konsumen.


Bayangkan jika produk Anda diletakkan di antara puluhan produk serupa di rak supermarket. Tentu dengan desain kemasan yang unik bisa membuatnya "bersinar" dan langsung menarik perhatian. Jadi, jangan ragu untuk memberikan sentuhan unik pada desain kemasan produk Anda!



3. Kenali berbagai jenis kemasan

Mencari tahu berbagai jenis kemasan seperti detektif yang mencari petunjuk? ya, mungkin tidak setepat itu, tapi kenal berbagai jenis kemasan itu setara dengan memiliki rancangan desain yang lengkap untuk produk Anda.


Rasanya wajib bagi Anda untuk bisa mengenali perbedaan antara botol, kotak, pouch, atau blister pack, Anda dapat menyesuaikan desain dengan baik sesuai dengan karakter produk dan Jangan sampai kemasan Anda justru menjadi hambatan daripada daya tarik. Karena mengenalnya akan membantu menciptakan desain kemasan produk yang sesuai dan meyakinkan.


4. Pilih warna yang sesuai dengan identitas brandNN

Dalam merancang desain kemasan produk Anda, penting untuk mempertimbangkan penggunaan warna yang konsisten dengan identitas brand. Warna bukan hanya elemen estetika saja tetapi juga berperan sebagai bahasa visual yang dapat menyampaikan pesan tentang karakter dan nilai brand Anda.


Jika brand Anda sudah memiliki identitas warna yang khas, seperti biru yang menjadi ciri khas, konsistensi dalam mengaplikasikan warna ini pada desain kemasan produk Anda adalah langkah yang bijak. jadi tetap pertahankan dan jangan sampai hilang.



5. Mencantumkan informasi produk

Terakhir, dalam tahap membuat desain kemasan produk mencantumkan informasi produk adalah hal yang sangat penting dalam bisnis. Mengapa penting? Sebelum konsumen mengambil keputusan, mereka biasanya mengamati dengan seksama apa yang ditawarkan oleh produk tersebut.


Informasi seperti fitur produk, cara penggunaan, bahan baku, dan nilai nutrisi harus ditempatkan dengan strategis, sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari. pastikan bahwa desain kemasan produk Anda tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memberikan informasi yang dibutuhkan oleh konsumen.


Nah itulah pembahasan mengenai tahap-tahap dalam membuat desain kemasan produk yang perlu Anda perhatikan sebelum menerapkannya bagi bisnis Anda. Pada kesimpulannya, Memperhatikan tahapan dalam desain kemasan adalah kunci kesuksesan bisnis.


Di jaman sekarang, penting bagi Anda yang memiliki bisnis untuk membranding produk salah satunya dengan desain kemasan yang menarik. Lantas,ingin membranding brand Anda dengan kemasan yang menarik dan mudah dikenali oleh calon pelanggan? CreativeFaith dapat memberikan layanan terbaik dalam hal desain kemasan. Tertarik? Untuk informasi lebih lanjut, yuk klik disini!


Sumber:

kledo.com

fruitylogic.com

shopify.com






16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments

Rated 0 out of 5 stars.
No ratings yet

Add a rating
bottom of page