top of page

Simak! Hal-hal yang Berhubungan dengan Desain Kemasan


seseorang sedang melakukan diskusi tahapan design kemasan
Ilustrasi mempersiapkan desain kemasan (Sumber:Wix.com)

Dalam sebuah bisnis, banyak hal yang perlu diperhatikan agar konsumen tertarik dengan bisnis yang kita miliki. Salah satunya yang harus diperhatikan adalah hal-hal yang berhubungan dengan Desain kemasan. Hal yang berhubungan dengan Desain Kemasan merupakan bagian penting dalam membantu membranding bisnis. Namun keadaannya justru masih sering diabaikan. Padahal dengan memaksimalkan desain kemasan yang baik mampu memikat mata konsumen.


Lantas, bagi Anda yang ingin mengoptimalkan strategi bisnis dengan baik. Kami akan menjelaskannya untuk Anda terkait hal-hal yang penting dan berhubungan dalam desain kemasan. simak dibawah ini ya:


1. Merancang Desain

Seseorang sedang merancang design
Ilustrasi seseorang sedang merancang design (wix.com))

Dalam industri yang beriringan dengan teknologi, memiliki jiwa kreativitas sangatlah dituntut terutama hal mendesain kemasan. merancang desain adalah hal penting untuk membuat identitas brand Anda dikenal banyak orang.


Kini banyak software yang dapat membantu anda merancang sebuah desain agar terlihat eye catching seperti adobe illustrator, adobe photoshop, Figma hingga Affinity Designer. Perlu dipahami bahwa beberapa tools tersebut memiliki fungsi dan fitur yang berbeda-beda.


2. Bentuk Kemasan

bentuk kemasan classic wafer
Salah satu bentuk kemasan classic dan branding chocolate wafer (Sumber: creativefaith.co.id)

Setelah merancang desain. Menentukan bentuk kemasan juga adalah hal yang penting lho. Mengapa? Karena bentuk kemasan bukan sekedar tampilan visual saja, tetapi juga mengenai fungsi, kenyamanan, dan daya tarik produk.


Bentuk kemasan yang baik mampu memudahkan konsumen untuk mengakses dan menggunakan produk, serta membedakan produk dari yang lain di pasaran. Misalnya, botol berbentuk ergonomis lebih mudah digenggam, membuatnya lebih nyaman digunakan.


3. Perancangan Identitas Merek

Pembuatan design merek
Ilustrasi perancangan identitas merek (Sumber: creativefaith.co.id)

Selanjutnya yaitu perancangan identitas merek. Perancangan identitas merek adalah pondasi dalam proses desain kemasan yang tidak bisa diabaikan. Identitas merek yang kuat juga menciptakan kepercayaan dan kesetiaan pelanggan. Seiring berjalannya waktu, hal ini membantu menciptakan citra merek yang kuat dan terpercaya.


Di zaman canggih seperti sekarang ini, Anda tidak perlu bingung untuk merancang identitas merek dengan bantuan software canggih. kini creative faith menjadi solusi untuk dapat membangun bisnis Anda dengan desain produk yang eye catching, tertarik?


Baca Juga: Bikin Agensi itu Gampang, tetapi...!


4. Strategi Branding

strategi branding media sosial
Ilustrasi branding melalui media sosial (Sumber: creativefaith.co.id)

Merencanakan Strategi branding adalah fondasi yang tak terpisahkan dari desain kemasan yang sukses. Mengapa strategi branding begitu berpengaruh? Karena hal ini merupakan jalan untuk mengkomunikasikan nilai, citra, dan pesan merek kepada konsumen agar tertarik.


Desain kemasan yang sesuai dengan strategi branding menghasilkan kesan yang kuat, mengingatkan konsumen tentang merek dan produk saat mereka melihat kemasan. Tentu dengan warna, logo, tipografi, dan elemen desain lainnya harus sejalan dengan identitas merek yang telah dibangun.


5. Strategi Promosi

Strategi promosi
Ilustrasi strategi promosi (Sumber: creativefaith.co.id)

Terakhir, hal yang berhubungan dengan desain kemasan adalah strategi promosi. Strategi promosi memang menjadi tahapan akhir karena desain kemasan yang menarik hanya akan memberikan manfaat maksimal ketika dikombinasikan dengan promosi yang efektif.


Promosi dapat mencakup berbagai elemen, seperti penempatan produk di lokasi strategis, penawaran khusus, iklan, dan media sosial. Ketika desain kemasan berbicara serasi dengan pesan promosi, maka perusahaan dapat menciptakan keterkaitan yang kuat antara merek, produk, dan konsumen.


Baca Juga: Pentingnya Mengikuti Praktik Bisnis yang Bertanggung Jawab untuk Memperkuat Branding


Nah itulah pembahasan terkait hal-hal yang berhubungan dengan desain kemasan. Pada kesimpulannya, Desain kemasan adalah unsur kritis dalam dunia bisnis yang tidak bisa dianggap enteng. Keberhasilan sebuah produk seringkali sangat tergantung pada desain kemasannya.


Dalam lingkungan bisnis yang kompetitif, desain kemasan yang baik adalah alat penting untuk meraih sukses. CreativeFaith dapat memberikan layanan terbaik dalam hal desain kemasan. Tertarik? Mempercayai kami adalah solusinya! Untuk informasi lebih lanjut, yuk klik disini!


Sumber:

jurnal.id

rubenstomdesign.com

flexypack.com


6 views0 comments
bottom of page