top of page

Bikin Agensi itu Gampang banget, tetapi...!


Waktu dulu di awal sering banget denger temen dan orang sekitar itu ajakin bikin agensi. Mostly ketika baru lulus kuliah atau lihat senior punya agensi, terus ikutan bikin. Creative Faith sendiri sebenernya bukan dari lulusan DKV atau periklanan, cuma memang kebetulan pernah bekerja di agensi dan melihat ya boleh deh kita coba bikin, aniwei kliennya juga sudah ada.


Tapi ternyata bikin agensi itu menurut aku.... susah banget buat maintain dan buat jadi sukses secara terus-terusan, atau bahasa kerennya viral terus menerus. Jadi ga cukup buat portofolio satu yang keren dan selalu ada di pasaran, tetapi harus bikin berkali - kali untuk memastikan agensi kita buat diinget sama klien dan prospek kita.


So trik apa yang bisa kita berikan buat para start up agensi di luar sana, supaya agensi mereka bisa bertahan based on pengalaman kita sebelumnya ya.


a. Klien itu satu-satunya sumber pendapatan di agensi kamu, jadi fokus kepada kebutuhan mereka, bukan keinginan mereka. Karena kalau project nya sukses, pasti klien kamu bakal happy kok.


b. Punya tim yang solid dan pemikiran yang solid, pastikan bahwa kalian memiliki tim yang berdedikasi dan memiliki visi yang sama.


c. Inovasi dan teknologi, dengan perkembangan teknologi yang cepet banget, penting bagi seluruh usaha apalagi agensi untuk terus berinovasi dan mengikuti perkembangan terbaru.


d. Manajemen yang bener dan terpercaya, pastiin bahwa kalian memiliki sistem dan prosedur yang jelas, serta memiliki manajer yang mampu memimpin dan memotivasi tim.


Yang paling penting untuk diingat, seluruh usaha butuh modal dan waktu untuk ROI, jadi hitung dulu di awal yang bener ya, meskipun banyak yang bilang bisnis tanpa modal karena fokus di skills. Tetapi pada kenyataannya untuk bisa bertahan butuh modal dan skills untuk bisa me-maintain agensi nya lebih maju.


Ga Cuan, Ga Jualan!

5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page