top of page

Desain Kemasan: Pengertian, Langkah, dan Hal yang Diperhatikan

Setiap kali kita membeli produk, hal pertama yang menarik perhatian adalah kemasannya. Desain kemasan memiliki peran penting dalam menjual ide, mencuri perhatian, dan mempengaruhi keputusan pembelian kita. Dari gaya yang sederhana hingga yang ekstravaganza, desain kemasan mencerminkan merek dan nilai produknya.

Namun, seberapa pentingkah desain kemasan ini? tentu jawabannya sangat penting! Pada artikel ini kami akan membahasnya untuk Anda, mulai dari pengertian hingga hal yang perlu diperhatikan dalam membuat desain kemasan. Langsung saja, simak dibawah ini ya!

Pengertian desain kemasan

gambar packaging
Ilustrasi seseorang sedang melakukan packaging. sumber: freepik.com

Desain kemasan adalah suatu usaha untuk menampilkan kreativitas di dalam kemasan dengan cara menambahkan bentuk, struktur, material, warna, citra, tipografi dan elemen-elemen desain dengan informasi produk agar produk dapat dipasarkan. komponen itu disusun agar menjadi sebuah desain yang dapat menunjukkan identitas produk tersebut.


Dalam dunia bisnis sekarang membuat desain pengemasan yang unik saja tidak cukup. Justru, Sebuah desain yang baik harus mempunyai nilai story yang dapat tersampaikan ke calon pelanggan. Secara tidak langsung, jenis desain ini pada akhirnya harus mampu memberi pengalaman ke pelanggan melalui sentuhan hingga penglihatan.


dengan kompleksitas sebuah desain kemasan, sangat wajar jika pada belakangan ini banyak pelanggan mencurahkan banyak waktu dan tenaga untuk menentukan rancangan desain terbaiknya. Bukan cuma persoalan memenangkan hati para konsumen, tapi juga menyampaikan sebuah pesan hingga ke hati mereka.


Langkah-langkah membuat desain kemasan

Ilustrasi seseorang sedang membuat kemasan
Ilustrasi seseorang sedang membuat kemasan. sumber: freepik.com

Terdapat beberapa langkah untuk membuat desain kemasan yang baik agar mudah menarik pelanggan. berikut langkah-langkahnya:

1. Menggunakan font yang tepat

Desain kemasan biskies
Ilustrasi contoh desain kemasan dengan font yang jelas (Sumber:creativefaith.co.id)

Langkah pertama yang perlu Anda perhatikan adalah kenali jenis font yang Anda sukai. Mengapa font menjadi faktor penting? Dalam bisnis, kesan pertama dan keterbacaan teks oleh pelanggan adalah kunci untuk menjadikan merek Anda sukses. Font yang digunakan pun harus sesuai dengan tujuan komunikasi desain Anda.


Misalnya, jika Anda ingin menyampaikan suasana yang formal dan profesional. Gunakanlah font seperti times news roman atau georgia. Namun jika ingin terkesan gaul dan eye catching, Anda bisa menggunakan jenis font helvetica atau futura. Kini tidak perlu khawatir, Anda bisa mempercayai creative faith dalam pembuatan desain khususnya dalam membranding dan memiliki identitas bagi brand yang Anda miliki, CreativeFaith dapat memberikan solusi untuk penggunaan font yang tepat atau menggambar langsung font yang cocok untuk membranding bisnis Anda terlihat menarik.

2. Sesuaikan palet warna dengan Brand Anda

Selanjutnya yaitu dengan menyesuaikan palet warna. Warna adalah salah satu senjata ampuh dalam branding. Dengan menggunakan warna yang tepat, Anda dapat membangkitkan emosi, mempengaruhi keputusan, hingga menciptakan asosiasi terhadap produk yang anda miliki.


Misalnya, warna biru sering digunakan dalam bisnis untuk menciptakan kesan profesional dan percaya diri, sementara merah mungkin digunakan untuk memancing perhatian dan menekankan kegairahan.


3. Menambahkan informasi produk

Menambahkan informasi produk sangatlah penting sebagai bagian dari sempurnanya desain kemasan. Dengan menambahkan informasi, produk anda terkesan human friendly hingga tidak terjadi keraguan bagi pelanggan untuk menggunakannya.


Dengan memasukan beberapa informasi mengenai produk seperti merek, tanggal kadaluarsa, cara penggunaan hingga bahan-bahan yang digunakan membuat informasi yang terdapat dalam produk terlihat lengkap sehingga dapat membantu pelanggan memiliki dan menggunakan produk tepat dari Anda.

4. Manfaatkan gambar ilustrasi unik

Gambar Ilustrasi dalam produk adalah jembatan untuk menyampaikan pesan yang ada dalam produk. Dengan menggunakan ilustrasi suatu brand akan memiliki keunikan, karakteristik hingga membangun kepercayaan dan mudah diingat oleh orang.


Anda tertarik untuk membangun identitas brand anda dengan memanfaatkan gambar ilustrasi? tidak usah bingung CreativeFaith bisa menjadi solusi agar brand Anda bisa tampil menonjol dibanding kompetitor, untuk itu cari tahu cara membuat identitas brand anda menarik dengan creative faith yuk.

5. Bentuk fisik kemasan

Terakhir, memperhatikan bentuk fisik kemasan produk sangat penting dalam sebuah desain kemasan. Bentuk fisik kemasan adalah yang pertama kali dilihat oleh calon pembeli ketika produk berada di rak toko atau dalam tampilan daring. Bentuk yang baik dapat menciptakan daya tarik visual, membedakan produk dari pesaing, dan menciptakan pengenalan merek yang kuat.


Keselarasan antara bentuk fisik dan produk itu sendiri dapat menciptakan pengalaman yang positif bagi pelanggan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan loyalitas pelanggan dan membantu bisnis produk kemasan mencapai kesuksesan jangka panjang.


Hal yang harus diperhatikan dalam membuat desain kemasan


seseorang wanita berbaju warna putih sedang review desain kemasanao
Ilustrasi seseorang sedang melakukan review kotak kemasan. sumber: freepik.com

Setelah mengetahui langkah-langkah dalam membuat desain kemasan diatas, Terakhir CreativeFaith akan memberitahukan kepada Anda tentang hal yang harus diperhatikan dalam membuat desain kemasan. berikut ulasannya:

1. Mencantumkan legalitas dari pemerintahan

Dalam mendesain produk kemasan hal yang sangat perlu diperhatikan adalah mencantumkan legalitas. Seperti legalitas dari BPOM yang mengatur tentang regulasi sertifikat halal, regulasi pangan dan obat-obatan, dan lain-lain.


Jika produk Anda dapat dikenal dengan baik, hendaknya Anda juga mencantumkan seperti nama produk, daftar bahan yang digunakan dalam produk tersebut, informasi alergen, tanggal penjualan hingga jumlah bersih kondisi penyimpanan dan tanggal kadaluarsa.

2. Percetakan dan Manufaktur

Selanjutnya, hal yang harus diperhatikan adalah percetakan dan manufaktur. Dalam menjalankan bisnis desain atau percetakan hendaknya Anda memutuskan akan memproduksi kemasan dalam skala besar atau kecil.


Bekerjasama dengan sebuah percetakan menjadi hal yang perlu karena akan menekan biaya produksi untuk mencetak desain kemasan. dengan memperhatikan kualitas, seperti jenis format file, bahan dan lama waktu pengerjaan membuat bisnis Anda dapat dipercaya oleh pelanggan.

3. Target Audience

Target audience merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam membuat desain kemasan. Dengan mengetahui target audience. kita akan mengenal situasi calon konsumen kita siapa saja dan dapat mempersiapkan produk dengan baik dan eye catching.


Jika Anda telah mengetahui target pasaran dan audience pengguna produk. Tidak usah bingung lagi, karena nantinya Anda akan memiliki konsumen tersendiri yang mungkin bisa menjadi langganan dan mempercayai produk Anda karena kualitas yang baik dan sesuai dengan konsumen.

4. Perancangan Identitas Merek

Terakhir, perancangan identitas merek merupakan hal terakhir yang CreativeFaith ulas untuk Anda. Identitas merek dapat menciptakan jati diri produk, memberikan pengenalan yang instan kepada konsumen.


Identitas merek yang kuat juga menciptakan kepercayaan dan kesetiaan pelanggan. Seiring berjalannya waktu, hal ini membantu menciptakan citra merek yang kuat dan terpercaya.



Nah itulah pembahasan menarik tentang Desain kemasan lengkap mulai dari pengertian, langkah-langkah membuat desain kemasan hingga hal penting yang harus diperhatikan dalam desain kemasan. Pada kesimpulannya untuk membuat desain ini Anda perlu memperhatikan identitas brand Anda agar mudah dikenal banyak orang sehingga tertarik dengan brand Anda.


Lantas, Anda ingin membranding brand Anda dengan kemasan yang menarik dan mudah dikenali oleh calon pelanggan? yuk klik disini!


Sumber:

kemazan.com

kreativv.com

selly.id

rubenstomdesign.com


30 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page