top of page

Kreativitas akan tergantikan dengan AI? Beneran nih?

Kreativitas VS AI menjadi salah satu topik utama di awal tahun 2023 ini. Pentingnya teknologi dalam kreatifitas membuat kita bekerja lebih cepat, lebih tepat dan efisien. AI dalam Creative Faith digunakan sebagai tools untuk mencapai tujuan di awal dan memprioritaskan kepentingan klien. Tapi... apa benar kreatifitas bisa digantikan dengan AI? Jika beneran bisa, apa sih langkah yang harus kita ambil supaya kreatifitas kita ga mati?


Ketika kita berbicara tentang teknologi, AI menjadi satu kata kunci yang ga bisa dihindari. AI memberikan kemudahan dan efisiensi dalam bekerja, dan banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi ini, termasuk di dalamnya Creative Faith. Namun, ada satu pertanyaan penting yang perlu kita tanyakan, apakah kreativitas bisa digantikan dengan AI?

Sebenarnya, teknologi AI memang bisa membantu dalam hal kreativitas tapi tidak menggantikan. Terus gimana caranya kreatifitas kita bisa terus hidup dan ga tergantikan, dan apa sih keuntungan AI dalam kreativitas, well yang pertama:



Gunakan AI sebagai alat bantu dan bukan sebagai pengganti. AI seharusnya membantu kita dalam menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan efisiensi dan kecepatan, seperti dalam hal data analisa dan pencarian informasi.

Kedua, fokus pada inovasi dan pengembangan produk. Kreativitas manusia tidak bisa sepenuhnya digantikan oleh AI karena cuma manusia yang bisa memiliki kemampuan berinovasi. Jadi gunain AI, supaya kita bisa fokus pada pengembangan produk dan memberikan nilai tambah yang tidak dapat diberikan oleh teknologi yaitu emotional value.

Ketiga, jangan takut buat nyoba. Kreativitas membutuhkan eksperimen dan risiko. Sebagai manusia, kita harus memanfaatkan kebebasan dalam berkreasi dan berinovasi. Jangan takut gagal dan teruslah mencoba.

Keempat, belajar dan terus berkembang. Kita harus selalu belajar dan terus meningkatkan kreativitas kita dengan teknologi. Dengan belajar, kita bisa menemukan cara untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi AI di dalam kehidupan dan pekerjaan kita.

AI dalam Creative Faith digunakan sebagai tools untuk mencapai tujuan awal dan memprioritaskan kepentingan klien. Contoh, butuh jawaban yang cepet kalau melalui search engine, kita butuh waktu, tapi mungkin kita bisa langsung tanya ke chat GPT untuk dapetin jawaban yang dibutuhkan. Yang tadinya kita butuh beberapa jam, bisa di jawab dalam 5 menit.

Dalam era teknologi yang semakin maju, perlu banget keseimbangan antara penggunaan teknologi dan kreativitas manusia. Dengan memanfaatkan teknologi sebagai alat bantu dan tetap fokus pada pengembangan produk dan inovasi, kreativitas kita akan tetap hidup dan tidak tergantikan oleh teknologi AI kok. Jadi jangan nyerah ya! Tetap selalu semangat.

12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page